06 December '19

Tahukah Kamu Hiperpigmentasi ?

Hiperpigmentasi umum dikenal sebagai gangguan pigmentasi pada kulit yang mana kulit berubah menjadi lebih gelap pada area tertentu bagian tubuh.

Foto Kulit Normal & Kulit tidak Normal

Umumnya hiperpigmentasi ini ada 2 jenis, yaitu :

  1.  Melasma atau Chloasma, biasanya terlihat sama dalam penampilan dengan penuaan kulit namun dengan area yang lebih besar yang sering muncul akibat perubahan hormon. Contohnya kehamilan, dapat memancing kelebihan produksi dari melanin yang dapat menyebabkan perubahan pigmentasi pada kulit wajah dan kulit menjadi lebih gelap pada bagian abdomen dan area lainnya. Wanita yang menggunakan Pil KB biasanya juga cenderung untuk mengalami hiperpigmentasi karena tubuh yang mengalami perubahan hormon saat masa kehamilan.

  1. Freckles adalah bintik-bintik cokelat kecil yang dapat muncul di mana saja pada tubuh, tetapi paling umum di wajah dan lengan. Bintik-bintik adalah karakteristik yang diturunkan. Bintik-bintik cokelat, bintik-bintik penuaan, dan bercak kulit gelap lainnya bisa menjadi lebih gelap atau lebih jelas ketika kulit terkena sinar matahari. Ini terjadi karena melanin menyerap energi sinar ultraviolet matahari yang berbahaya untuk melindungi kulit dari paparan berlebih. Hasil umum dari proses ini adalah penumpukan kulit mati, yang cenderung menggelapkan area yang sudah hiperpigmentasi.

Mengenakan tabir surya adalah suatu hal yang wajib untuk dilakukan, khususnya bagi orang-orang yang banyak melakukan aktivitas yang langsung terpapar sinar matahari. Tabir surya yang digunakan juga harus “mengandung SPF (sun protection factor) dan PA (Protection Grade of UVA)” yang dapat mem-blokir UVA dan UVB. Karena satu hari terpapar dampak berlebih dari sinar matahari dapat membatalkan perawatan berbulan-bulan.

kebanyakan krim dengan resep yang digunakan untuk mencerahkan kulit mengandung hydroquinon. Pemutih berfungsi untuk meringankan dan memudarkan bercak kulit yang gelap dengan memperlambat produksi melanin sehingga bintik-bintik gelap itu secara bertahap memudar agar sesuai dengan warna kulit normal.

Pemutih dengan resep ini mengandung dua kali jumlah hydroquinon, bahan aktif, sebagai pemutih kulit yang dijual bebas. Dalam kasus yang  paling parah, krim dengan resep ini mengandung tretinoin dan krim kortison. Yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif dan akan memakan waktu 3-6 bulan untuk memperbaikinya.

Ella Skin Care memiliki treatment yang dapat menyelesaikan masalah Hiperpigmentasi tersebut seperti yaitu Treatment Yellow Laser, Mesoterapi & Laser NdYag, treatment-treatment ini dapat menyelesaikan berbagai masalah Hiperpigmentasi.

Klik Link dibawah ini untuk melakukan Booking!

*Sebelum melakukan perawatan disarankan agar melakukan konsultasi terlebih dahulu.

Nah sekarang sudah tahukan apa itu Hiperpigmentasi, apa penyebabnya dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Semoga Artikel ini dapat membantu menjawab permasalahan kulit yang kamu alami, Stay Healthy & Stay Positif.

[Sassy_Social_Share]